Susu Kambing, Domba dan Sapi, Mana yang Lebih Utama? Ini Penjelasannya – Catatan Pemred
Kesehatan

Susu Kambing, Domba dan Sapi, Mana yang Lebih Utama? Ini Penjelasannya

SEGALA puji hanya kepada Allah yang menjadikan susu minuman bagi manusia. Shalawat dan salam kepada Rasulullah tercinta.

Susu adalah minuman yang memiliki nilai faedah yang tinggi bagi tubuh manusia. Dan ada tiga jenis susu yang paling banyak diminati, yaitu susu domba, susu kambing dan susu sapi.

Di antara tiga jenis susu tersebut, tentunya ada salah satu yang paling utama di anatara yang lain.

Menurut Imam Ibnu Qayyim, susu sapi adalah susu yang paling ideal dan paling utama di antara susu domba dan susu kambing dalam kelenturan, kekerasan dan lemak.

Hal ini disampaikannya dalam Kitab karangannya yang berjudul Zadul Ma’ad. Berikut penjelasannya mengenai masing-masing susu:

Susu Domba

Susu domba merupakan susu yang paling keras dan paling basah. Lemak dan bau busuk dalam susunya tidak seperti dalam susu kambing dan sapi. Dia menimbulkan sampah lendir dan menyebabkan keputihan pada kulit apabila terus dimakan.

Oleh karena itu, hendaknya susu ini dicampur dengan air untuk meminimalisir bahaya yang mengenai badan. Dia lebih cepat menenangkan haus dan lebih banyak dinginnya.

Susu Kambing

Ia lembut, ideal, melenturkan perut, membasahi tubuh yang kering, bermanfaat untuk mengobati radang kerongkongan, batuk kering, dan batuk darah.

Secara umum susu adalah minuman yang paling baik bagi tubuh manusia. Karena unsur makanan dan darah yang terkumpul di dalamnya. Pun, manusia terbiasa dengannya ketika bayi dan sesuai dengan fitrah yang asli.

Dalam Ash-Shahilain disebutkan bahwa pada malam Isra’, Rasulullah saw disuguhi satu gelas khamar dan satu gelas susu. Beliau melihat kedua-duanya, lalu mengambil susu. Maka Jibril berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menunjuki engkau pada fitrah. Seandainya engkau mengambil khamar, maka umatmu akan menjadi umat yang sesat.”

Susu yang rasanya asam lambat rasa nikmatnya, mentah campurannya, dan lambung yang panas akan mencernanya dan mengambil manfaat darinya.

Susu Sapi

Susu sapi menyuburkan tubuh dan melenturkan perut secara proporsional. Dia adalah susu yang paling ideal dan paling utama di antara susu domba dan susu kambing dalam kelenturan, kekerasan dan lemak.

Dalam As-Sunan diriwayatkan hadits marfu’ dari Abdullah bin Mas’ud bahwa Rasulullah saw bersabda, “Minumlah susu sapi, karena sesungguhnya ia makan dari semua pohon.”

Demikian penjelasan Ibnu Qayyim, ulama yang hidup sekira tahun 700-an hijriyah dan menguasi ilmu kedokteran.

Click to comment
To Top