Seluruh Manusia di Bumi Saat Ini, 100 Tahun Kemudian Tidak Ada yang Tersisa – Catatan Pemred
Lautan Hikmah

Seluruh Manusia di Bumi Saat Ini, 100 Tahun Kemudian Tidak Ada yang Tersisa

SEGALA puji hanya kepada Allah. Rab semesta alam. Shalawat dan salam kepada Rasulullah tercinta.

Berapa umur anda sekarang saat membaca artikel ini? Mungkin Ini adalah renungan singkat bagi kita. Bahwasanya 100 tahun kemudian, saya yang menulis artikel ini, juga anda yang membaca, tidak ada lagi di dunia ini.

Bahkan seluruh manusia yang ada saat ini di muka bumi, dan boleh jadi, janin yang masih dalam kandungan, tepat 100 tahun kemudian kita semua tidak ada lagi di dunia ini.

Dunia seratus tahun kemudian, sudah berganti dengan generasi lain. Rasulullah saw bersabda dalam sebuah hadits sahih, bahwa umur manusia rata-rata hanya 60 tahun, dan hanya sedikit orang yang melampaui itu.

Maka hitunglah umur kita masing-masing, dan hisablah diri kita sendiri saat merebahkan tubuh di dipan.

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Ibnu Umar, ia berkata:

“Rasulullah pernah mengimami kami pada waktu shalat Isya di akhir masa hidup beliau. Setelah salam beliau berdiri dan berkata:’Apakah kalian tidak memperhatikan malam kalian ini? Sesungguhnya pada penghujung seratus tahun dari malam ini, tidak ada seorang pun yang hidup di muka bumi (saat ini) yang masih tersisa.”

Wahai saudaraku, sesungguhnya umur itu berkurang, sedangkan tahun bertambah. Maka jangan terlena dengan manisnya dunia.

Janganlah terlena dengan jabatan yang kita miliki, rumah mewah nan indah. Puja dan puji para fans. Karena sesungguhnya, kematian itu dekat, dan sakaratul maut itu dahsyat. Dan segala pujian hanya untuk Allah.

 

Click to comment
To Top