Mimpi Gigi Copot, Begini Artinya – Catatan Pemred
Tafsir Mimpi

Mimpi Gigi Copot, Begini Artinya

gigi
sumber foto: pixabay.com

SEGALA puji hanya kepada Allah. Gigi dalam mimpi melambangkan identitas seseorang, umur, klan, anak laki-laki, anak perempuan, keluarga, uang, para pelayan, binatang peliharaan, para pekerja, senjata, hidup, kematian, persatuan, perpisahan, perusahaan atau simpanan uang.

Demikian dilansir dari Kitab Ensiklopedia Arti Mimpi Ibnu Sirin yang disusun oleh Muhammad M. Al-Kili.

Disebutkan pada kitabnya bahwa, dalam mimpi gigi bagian atas pria maupun wanita melambangkan anggota keluarga pria dari pihak ayah, dan gigi di rahang bawah melambangkan anggota keluarga wanita dari pihak ibu.

Makin dekat letak gigi-gigi itu ke gigi seri, maka makin dekat pula hubungan kekerabatan anggota keluarga. Karena ada dua gigi seri maka gigi seri yang terletak di kanan  atas melambangkan ayah, dan gigi di kiri atas melambangkan paman dari pihak ayah, atau bisa juga melambangkan saudara-saudara perempuan, anak laki-laki, atau teman-teman dekat.

Gigi-gigi taring bagian atas melambangkan sepupu, atau dua orang sahabat yang sudah seperti sepupu. Gigi-gigi geraham depan melambangkan paman-paman dari pihak ibu dan anak-anaknya, sementara gigi-gigi geraham belakang melambangkan kakek dan cucu-cucunya.

Gigi seri di kanan bawah melambangkan ibu, dan gigi seri di kiri bawah melambangkan bibi-bibi dari pihak ayah, atau bisa juga melambangkan dua orang saudara perempuan, atau dua anak perempuan, atau dua orang sahabat yang saling mengasihi, memperhatikan dan saling mencintai.

Gigi-gigi taring bagian bawah melambangkan saudara sepupuh wanita dari pihak ibu maupun ayah. Gigi taring bagian bahwah atau gigi taring bagian atas melambangkan kepala rumah, atau tuan tanah.

Gigi-gigi geraham belakang juga melambangkan anggota keluarga yang paling jauh hubungan kekerabatannya, termasuk nenek dan cucu-cucu wanitanya.

Jika sebuah gigi berpindah tempatnya dalam mimpi ini melambangkan penyakit. Jika sebuah gigi tanggal atau hilang, maka ini berarti kematian orang yang dilambangkan oleh gigi itu, atau juga berarti kita akan berpisah dengannya.

Jika ada orang yang bermimpi mengumpulkan giginya, yang hilang dan tidak menguburkannya, maka ini berarti akan datang seseorang dan ia akan terasa seperti layaknya saudara sendiri bagi orang itu.

Soal tafsir mimpi mengenai gigi ini, diulas panjang lebar dalam Kitab Ensiklopedia Arti Mimpi Ibnu Sirin yang disusun oleh Muhammad M. Al-Kili. Saya hanya melansir sebagiannya. Kitab atau buku ini telah dijual di Indonesia.

Masing-masing mimpi tentang gigi tidak bisa diartikan general, harus dilihat dari detil mimpinya, tentang bagaimana mimpi tersebut.

Uraian di atas hanyalah sebuah tafsir, dan kebenaran itu hanya berasal dari Allah swt. Ambillah yang baik dari tafsir mimpi tersebut, dan berdoalah kepada Allah swt, memohon petunjuknya.

Karena sesungguhnya, dalam perkara penafsiran mimpi kita harus berhati-hati, sebab tafsir mimpi akan sangat berpengaruh kepada psikologi seseorang.

Mimpi yang buruk jangan diceritakan kepada orang, adapun mimpi yang baik boleh diceritakan kepada orang, namun yang hanya dipercaya. Sebab dikhawatirkan ada dengki dalam hati orang tersebut, kemudian ia menafsirkannya dengan tafsiran subjektif, sehingga hal itu mempengeruhi psikologis anda.

Masing-masing orang memiliki karakter tersendiri dalam menyampaikan tafsir mimpi. Perspektif atau cara penyampaian tafsir mimpi sangat berpengaruh kepada orang yang bermimpi, yang meminta untuk difasirkan atau ditakwilkan.

Ada dalam sebuah kasus, seorang khalifah melihat giginya tanggal dalam mimpinya. Ia memanggil seorang penakwil dan bertanya tentang makna mimpinya, sang penakwil menjawab: “Seluruh keluarga baginda akan binasa.”

Khalifah merasa sedih dan ia memanggil penakwil yang lain dan menceritakan mimpinya. Penakwil kedua ini mengatakan, “Mimpi baginda adalah benar. Baginda akan hidup lebih lama di antara seluruh anggota keluarga.”

Segera saja sang khalifah memeluk orang itu dan memberinya hadiah atas kecakapan dan kepintarannya. Dalam kasus ini, kedua penakwil sebenarnya memberikan tafsiran yang sama tetapi dengan cara penyajian yang berbeda. (Lihat Kitab Ensiklopedia Arti Mimpi Ibnu Sirin, oleh Muhammad M. Al-Kili).

Demikianlah, dan segala puji hanya kepada Allah swt. (*)

Click to comment
To Top