Mengapa Bayi Menangis Saat Lahir? Ini Jawaban Rasulullah – Catatan Pemred
Lautan Hikmah

Mengapa Bayi Menangis Saat Lahir? Ini Jawaban Rasulullah

SEGALA puji hanya kepada Allah. Mulai dari dokter hingga masyarakat biasa berbicara panjang lebar tentang penyebab bayi menangis, ketika ia dilahirkan.

Dan dunia kedokteran tidak mampu menyampaikan secara medis tentang mengapa ia menangis. Tidak lain yang disampaikan melainkan sugesti, analisis, dan opini belaka. Begitu juga kalangan masyarakat biasa.

Mengapa bayi menangis saat lahir? Ini jawaban Rasulullah saw; Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda: “Tidak ada seorang pun bayi yang dilahirkan, melainkan setan pasti akan menusuk lambungnya hingga dia menangis keras, kecuali Isa bin Maryam dan ibunya.” Lalu Abu Hurairah berkata, jika kalian mau bacalah ayat: ‘Dan aku mohon perlindungan-Mu untuknya dan anak cucunya dari (gangguan) setan yang terkutuk. (HR Muslim, No. 6133).

Ada beberapa hadits Muslim yang meriwayatkan perkara ini. Begitu juga Imam Bukhari yang meriwayatkan dari sanad Abu Hurairah, bahwa Nabi saw bersabda: “Setiap anak Adam ditusuk setan pada lambungnya dengan jari, ketika dia lahir, kecuali Isa bin Maryam. Setan berusaha menusuknya, namun yang dia tusuk adalah plasenta (ari-ari)nya.” (HR Bukhari, No. 3286).

Bagaimanakah dengan bayi yang ketika lahir tidak menangis? Sesungguhnya ia pasti akan menangis, dan mungkin dalam beberapa detik kemudian, atau beberapa menit kemudian, tapi ia pasti menangis.

Ilmu kedokteran bekerja pada alam nyata. Dan hanya memberikan analisis tentang penyebab bayi menangis. Bukan fakta yang sebenarnya. Karena fakta sebenarnya tentang penyebab bayi menangis ketika dilahirkan adalah perkara ghaib.

Setidaknya orang-orang akan mengatakan, penyebab bayi menangis saat dilahirkan; ‘menandakan bayi sehat, atau cara komunikasi bayi,’ padahal ada bayi yang tidak sehat ketika lahir juga ia menangis. Juga ada yang mengatakan ini karena awal mula pernafasannya.

Pendapat lain mengatakan, ia membutuhkan pakainan, makanan, dan lain sebagainya. Semua pendapat ini hanya sugesti. Dan tidak ada pendapat yang benar kecuali sabda Rasulullah. Karena Rasulullah saw mengetahui sebagian yang ghaib yang tidak dapat diketahui oleh manusia. Sedangkan ilmu kedokteran bekerja di alam nyata.

Mengapa yang ditusuk adalah lambung? Sungguh ada hikmah yang mendalam terkait pertanyaan ini. Ketahuilah, kebanyakan manusia jatuh ke dalam juram kebinasaan karena lambung. Lambung adalah simbol hawa nafsu.

Berlimpah harta kekayaan anda, tapi apa yang dimakan hanyalah sebanyak ukuran lambung. Kecil tapi tuntutannya membuat manusia banyak yang binasa. Maka ingatlah doa yang dianjurkan sahabat Rasulullah saw yakni Abu Hurairah sebagaiman telah disampaikan sebelumnya. Wallahua’lam. (*)

Click to comment
To Top