Lelaki Paling Ganteng Sepanjang Masa – Catatan Pemred
Lautan Hikmah

Lelaki Paling Ganteng Sepanjang Masa

Bicara ketampanan lelaki sepanjang masa, maka ia adalah Nabi Yusuf Alaihissalam. Begitulah kebanyakan orang berfikir. Hal ini karena Allah swt mengatakannya di dalam Al-Quran akan ketampanannya.

Sebagaimana firman Allah swt: “Tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum dengan keelokan wajahnya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata: “Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia.” (QS. Yusuf: 31).

Namun ternyata ada pendapat berbeda. Sebagian ulama menilai Nabi Adam-lah yang paling ganteng, karena Nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah dengan tangan-Nya secara langsung.

Sedangkan Nabi Yusuf hanya memiliki sebagian ketampanan. Sebagaimana Sabda Rasulullah saw yang bertemu Nabi Yusuf dalam perjanan Isra Mi’raj, tepat di langit ketiga. Beliau bersabda:

“Di sana saya bertemu Yusuf alaihis shalatu was salam, ternyata beliau diberi setengah ketampanan.” (HR. Muslim 429).

Namun ada pendapat juga yang mengatakan, Nabi Muhammad paling ganteng. Imam Ibnul Qoyim menjelaskan makna hadis di atas bahwa: “Sebagian ulama menyebutkan, maksud hadis bahwa Yusuf diberi setengah ketampanan yang dimiliki Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sehingga, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berada di puncak ketampanan, sementara Yusuf hanya mencapai setengah ketampanan beliau.”

Selanjutnya, Ibnul Qoyim menyebutkan alasan pendapat ini, bahwa ini sesuai dengan hadis riwayat Turmudzi dari Qatadah, dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, yang mengatakan, “Tidaklah Allah mengutus nabi, kecuali berwajah tampan, dan suaranya bagus. Dan Nabi kalian Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling tampan wajahnya dan paling indah suaranya.” (Lihat Badai al-Fawaid). Wallahu’alam.

Click to comment
To Top