Ketika Umar bin Khattab Bertemu Tumpukkan Sampah – Catatan Pemred
Kisah

Ketika Umar bin Khattab Bertemu Tumpukkan Sampah

687233
sumber foto: google image

UMAR bin Khattab radhiallahuanhu melewati tempat sampah, lalu ia berdiam diri di samping tempat sampah itu sehingga para sahabatnya terganggu dengan sampah itu.

Kemudian Umar berkata, “Inilah dunia yang kalian ambisikan atau selalu perbincangkan.”[1]

Duhai saudaraku! Lihatlah apa yang disampaikan Umar… Ia melihat dan menunjuk tumpukkan sampah, bahwa itulah dunia yang selalu kita ambisikan. Itulah dunia wahai saudaraku.

Karena memang dunia adalah, apa yang kita makan lalu kita habiskan, bahkan tidak mampu kita cium baunya yang keluar dari dubur.

Dunia adalah apa yang kita kenakan lalu kita menjadikannya usang, dan kita akan melihatnya di tempat pembuangan akhir. Kita akan melihatnya di tempat sampah.

Atau dunia adalah apa yang engkau sedekahkan, lalu engkau menerima pahalanya di sisi Allah swt. Maka bergembiralah bagi orang-orang yang senyum ketika melihat catatan amalnya. Dan merugilah mereka yang gembira dalam linangan dosanya ketika di dunia.

Duhai jiwa yang terpedaya, bangunlah dari angan-angan kosongmu. Bersegeralah melakukan amal kebaikan. Karena dunia hanyalah kesenangan yang menipu. Dan segala puji hanya kepada-Mu ya Ilahi.

 

————–

[1] Kisah Ini terdapat dalam Kitab Hilyatul Auliya, Abu Nuaim Al-Ashahani, Jilid 1. Hal 220. Pustaka Azzam, 2012.

Click to comment
To Top