Kenalilah Roh dan Jasad Kalian… – Catatan Pemred
Lautan Hikmah

Kenalilah Roh dan Jasad Kalian…

SEGALA puji hanya kepada Allah. Manusia adalah gabungan antara roh (jiwa) dengan badan (jasad). Roh atau jiwa manusia diciptakan dari sisi Allah swt. Roh berasal dari langit. Sedangkan tubuh atau jasad manusia diciptakan dari tanah. Asalnya dari bumi atau dunia. Keduanya memiliki dimensi yang berbeda.

Perbedaan itu terletak dari asal dan zat itu sendiri. Serta perbedaan keduanya juga terletak pada kefanaan dan keabadian. Roh atau jiwa merupakan zat yang gaib, dan diciptakan untuk keabadaian Sedangkan jasad adalah materi, yang diciptakan untuk kefanaan. Jasad manusia yang diciptakan oleh Allah swt dari mani yang dipancarkan, bukan untuk keabadian. Melainkan kefanaan. Jasad itu akan kembali ke tanah.

Adapun jasad yang diciptakan untuk keabadian, adalah jasad manusia yang akan dikumpulkan dari tulang sulbi anak Adam, ketika Hari Kiamat kelak. Roh akan dikembalikan ke jasad untuk kali keduanya. Di sinilah manusia akan abadi. Tapi jasad yang sekarang, yang mana digunakan oleh roh sebagai tunggangan adalah jasad yang fana. Manusia harus menyadari bahwa tubuh ini hanyalah sarana bagi jiwa. Tubuh akan binasa, sedangkan jiwa akan kekal.

Balik1 of 2

Click to comment
To Top