Kalimat Singkat Ini Menghapus Dosa Anda, Meski Sebanyak Buih di Lautan – Catatan Pemred
Doa

Kalimat Singkat Ini Menghapus Dosa Anda, Meski Sebanyak Buih di Lautan

hadiah wali
Foto: Syaikhan Azzuhry Rumra

SEGALA puji hanya kepada Allah. Mungkin saja ada yang menyadari, bahwa sungguh dosanya paling banyak, yang dilakukannya selama ia menjalani hari demi hari.

Maka inilah kalimat yang paling singkat untuk menghapusnya. Ringan di lida, berat dalam timbangan.

Rasulullah saw bersabda : “Barangsiapa mengucapkan Subhanallah Wabihamdih seratus kali dalam sehari, ia akan diampuni segala dosanya, sekalipun dosanya itu sebanyak buih di lautan.” (HR Muslim dan Tirmidzi).

Rasulullah saw mengajarkan ummatnya cara untuk menghapus dosa, meski dosa itu paling banyak, dengan kalimat yang bisa dibaca saat duduk, berbaring, berjalan, berlari, atau sedang di atas kendaraan, maka mari perbiasakanlah diri untuk mengucapkannya.

Satu hari seratus kali adalah mudah bagi siapa saja. Kita mampu menulis status Blacberry Masanger (BBM), berulang-ulang dalam sehari. Sampai-sampai ada teman di BBM yang terganggu, karena terlalu update. Maka kalimat Subhanallah Wabihamdih pastilah mudah.

Atau kita mampu menulis status facebook dengan kalimat panjang-panjang, atau singkat; mau makan update status, mau masuk toilet, lapar, lagi di mall, lagi dalam angkot, bertemu orang, selalu kita update. Semuanya kita laporkan dengan rutin; bisa jadi kita telah mengalahkan jurnalis handal sekalipun. Maka kalimat Subhanallah Wabihamdih pastilah mudah.

Kita rela duduk bercerita di warung kopi berjam-jam lamanya. Membahas segala hal, yang bisa jadi itu bermanfaat, bisa jadi itu juga mendatangkan murka Allah. Maka kalimat Subhanallah Wabihamdih pastilah mudah.

Diriwayatkan dari Abi Dzar. Rasulullah pernah ditanya, “Perkataan apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Yang dipilih oleh Allah bagi para malaikat dan hamba-hamba-Nya, yaitu subhanallah wabihamdih (Mahasuci Allah dengan segala puji bagi-Nya).” (HR Muslim). Selamat beramal.  (*)

Click to comment
To Top