Jika Badan Diciptakan dari Tanah, Roh Diciptakan dari Apa? – Catatan Pemred
Lautan Hikmah

Jika Badan Diciptakan dari Tanah, Roh Diciptakan dari Apa?

roh dari tubuh

DAN segala puji hanya kepada Allah. Dia berfirman:

“Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: “Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit”. (QS. Al-Isra, 17; 85).

Sesungguhnya pengetahuan manusia dari Allah swt tentang roh, adalah pengetahuan yang sedikit dan terbatas. Salah satu pengetahuan yang terbatas adalah pengetahuan tentang pertanyaan dalam tema di atas. Allah swt dan Rasul-Nya tidak menjelaskan secara detail, tentang Roh. Apalagi, dari apa roh itu diciptakan.

Dalam pembahasan ini hanya bisa disampaikan bahwa Roh itu dari sisi Allah swt. Hal ini berdasarkan Firman Allah swt:

“Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud”. (QS. Al-Hijr 15: 29).

Firman Allah swt:

“Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur”. (QS. As-Sajdah, 32; 9).

Firman Allah swt:

“Dan (ingatlah kisah) Maryam yang telah memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan ke dalam (tubuh)nya ruh dari Kami dan Kami jadikan dia dan anaknya tanda (kekuasaan Allah) yang besar bagi semesta alam.” (Al-Anbiyaa, 21; 91)

Ayat ini memberitahukan tentang penciptaan Nabi Isa as. Di mana Allah swt berfirman meniupkan roh dari sisi Allah swt. Pemberitahuan Allah swt tentang roh dari sisinya kepada Nabi Isa as, juga dalam Firman-Nya berikut ini:

“Dan (ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami, dan dia membenarkan kalimat Rabbnya dan Kitab-KitabNya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang ta’at. (QS. At-Tahrim, 66; 12).

Dari ayat-ayat di atas menunjukan bahwa roh atau jiwa adalah penduduk langit. Roh berasal dari langit. Dari sisi Allah swt. Bukan dari dunia.

Meskipun seluruh manusia, malaikat, dan jin, berkumpul untuk menciptakan roh, semua itu akan sia-sia. Karena roh itu dari sisi Allah swt. Roh itulah yang menghidupkan. Sedangkan kekuasaan menghidupan, dan menciptakan, hanya kepunyaan Allah swt. Dan segala puji hanya kepada-Nya. (*)

Click to comment
To Top