Inilah Ciptaan Allah yang Pertama – Catatan Pemred
Lautan Hikmah

Inilah Ciptaan Allah yang Pertama

SEGALA puji hanya kepada Allah. Yang pertama kali diciptakan oleh Allah swt adalah pena atau Qalam. Demikian yang disampaikan Rasulullah saw dalam hadits-hadits sahih. Berikut haditsnya:

Diriwayatkan oleh Imam At-Tarmidzi Rasulullah saw bersabda, “Sungguh, yang pertama kali Allah ciptakan adalah qalam (pena). Dia berfirman kepada qalam, ‘Tulislah.’ Pena bertanya, ‘Apa yang akan saya tulis?’ Allah berfirman, “Tulislah takdir.’ Maka pada saat itulah qalam mencatat apa yang telah dan akan terjadi sampai selama-lamanya.” (HR. Tarmidzi, No. 3319).[1] Imam At-Tarmidzi berkata, hadis ini hasan sahih gharib.

Ibnu Abbas radhiallahuanhu berkata,  “Hal pertama yang Allah ciptakan adalah qalam (pena), lalu Allah memerintahkannya untuk mencatat apa yang akan terjadi. Qalam kemudian mencatat—dari apa yang dicatatnya; “Binasalah kedua tangan Abu Lahab.” (QS. Al-Lahb, 111: 1).[2]

Hadis sahih lain menyebutkan, bahwa Nabi saw pernah bersabda; “Hal pertama diciptakan oleh Allah adalah Qalam, lalu Allah berkata kepada Qalam itu, ‘Tulislah!’ Qalam itu pun menuliskan dari awal penciptaan hingga saatnya Hari Kiamat. Kitab ini berada di sisi Allah di atas Arsy-Nya.”[3]

Ada salah satu surat di dalam Al-Quran dengan judul Al-Qalam, yang berarti ‘Pena’. Di dalam surat itu Allah Ta’ala bersumpah dengan ‘pena’.[4] Berikut firman-Nya:

“Nun. Demi pena dan apa yang mereka tulis.” (SQ. Al-Qalam, 68; 1-2).

Imam Al-Qurthubi berkata, para ulama mazhab kami (Maliki) berpendapat; Qalam itu terbagi menjadi tiga, qalam yang pertama diciptakan oleh Allah langsung dengan Tangan-Nya, qalam ini diperintahkan oleh Allah untuk menulis sendiri apa yang dikehendaki-Nya.

Qalam kedua adalah qalamnya para malaikat, qalam ini diserahkan oleh Allah kepada para malaikat-Nya untuk mencatat seluruh takqdir kejadian alam semesta, dan amal perbuatan.

Sedangkan qalam yang ketiga adalah qalam manusia, Allah juga mengajarkan ilmu qalam kepada manusia agar mereka dapat menuliskan apa yang ingin mereka tuliskan, dan meraih apa yang mereka maksudkan.

Bagaimana bentuknya pena yang pertama kali diciptakan? Tentu hanya Allah yang mengetahui.

Ketahuilah, menulis itu memiliki fadhilah yang sangat penting, menulis juga salah satu cara untuk menjelaskan, dan menjelaskan adalah salah satu keahlian yang diberikan kepada manusia.[5] Alhamdulillah.

—–

[1] Hadis ini juga diriwayatkan oleh Abu Daud, No. 4700, dan Al-Baihaqi, No. 204. Juga diriwayatkan Imam Ahmad, dan At-Thabari dalam tafsirnya.

 

[2] Al-Jami’li-Ahkaam Al-Quran, Imam Al-Qurthubi. QS. Al-Qalam, 68; 1-3. Jilid 19, Hal. 62.

[3] Hadis At-Tarmidizi, dll. Lihat catatan kaki dan hadis sebelumnya.

[4] Manusia tidak berhak sumpah dengan menyebut selain nama Allah . Manusia juga dilarang sumpah dengan nama Rasulullah saw. Ini termasuk dosa terbesar. Alhamdulillah kami telah menjelaskan masalah ini, dalam kitab kami berjudul Nafsulmutumainnah.

[5] Al-Jami’li-Ahkaam Al-Quran, Imam Al-Qurthubi. QS. Al-Alaq, 96; 1-4. Jilid 20, Hal. 551-553.

Click to comment
To Top