Ini Makanan yang Pertama Dimakan Penduduk Surga – Catatan Pemred
Lautan Hikmah

Ini Makanan yang Pertama Dimakan Penduduk Surga

SEGALA puji hanya kepada Allah. Di surga nan indah, yang dijanjikan kepada hamba-hamba sholeh, tentu penduduknya makan dan minum, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran tentang berbagai buah-buahan, minuman dan makanan yang lezat. Dan tidak ada BAB dan buang air kecil.

Namun yang menjadi pertanyaan, makanan apakah yang pertama dimakan penduduk surga? Pertanyaan ini pernah dilontarkan seorang Yahudi bernama Abdullah bin Salam, kepada Rasulullah saw ketika baru saja tiba di Madinah, dalam perjalanan hijrahnya.

Maka Rasulullah saw menjawab bahwa yang pertama dimakan penduduk surga adalah hati ikan, itulah makanan yang pertama dimakan penduduk surga. Dan mengapa hati ikan, bukan yang lain? Hanya Allah saja tahu.

Berikut kami hadirkan haditsnya secara lengkap, yang diriwayatkan dalam Shahih Imam Bukhari. Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu, ia berkata:

Bahwa Abdullah bin Salam mendengar kedatangan Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam di Madinah. Abdullah bin Salam ketika itu sedang berada di perkebunan kurma tengah memanen kurma. Lalu ia (Abdullah bin Salam) mendatangi beliau (Rasulullah) dan berkata;

“Aku ingin bertanya kepadamu tentang tiga perkara dan hanya nabi yang bisa menjawab pertanyaan itu! Apa tanda-tanda pertama terjadinya Hari kiamat ? Apa makanan pertama kali penghuni surga ? Bagaimana seorang bayi itu meniru ayahnya atau ibunya?”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Jibril belum lama memberitahu aku semua hal di atas.” Abdullah bin Salam berkata, “Jibril ?” Kata Beliau lebih lanjut, “Ya betul, Jibril.

(Abdullah bin Salam berkata) “Dialah malaikat yang paling dimusuhi orang-orang Yahudi.” Kemudian Rasul membaca ayat, “Katakanlah, ‘Barangsiapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril telah menurunkannya (Al-Qur’an) ke dalam hatimu dengan seizin Allah’ (QS. Al-Baqarah (2): 91).

(Rasulullah melanjutkan) “Tanda-tanda pertama Hari Kiamat adalah api yang menghimpun seluruh manusia dari timur hingga barat. Makanan pertama kali di makan penghuni surga adalah seketul daging pada hati ikan paus. Jika sperma laki-laki lebih dahulu masuk daripada sperma wanita, maka lahirlah anak laki-laki dan jika sperma wanita lebih dahulu masuk daripada sperma laki-laki, maka membentuk anak wanita.”

Abdullah bin Salam berkata, “Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah dan saya bersaksi bahwa engkau adalah utusan Allah. Ya, Rasulullah, sesungguhnya orang-orang Yahudi adalah kaum yang susah dipegang ucapannya. Jika mereka mengetahui ke-Islamanku sebelum engkau bertanya kepada mereka, pasti mereka tidak mempercayaiku.”

Tidak lama kemudian datanglah orang-orang Yahudi kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bertanya kepada mereka, “Bagaimana kedudukan Abdullah bin Sallam di kalangan kalian ?” Mereka menjawab, “Abdullah bin Sallam adalah orang terbaik yang kami miliki dan anak yang terbaik yang kami miliki. Ia adalah tokoh kami dan anak tokoh kami.”

Kata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Bagaimana pendapat kalian kalau Abdullah bin Salam masuk Islam.?” Mereka menjawab, “Semoga Allah menjauhkannya dari masuk Islam.” Kemudian Abdullah bin Salam keluar dan berkata, “Saya bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah melainkan Allah dan Saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.” Orang-orang Yahudi tadi berkata, “Engkau adalah orang yang paling jelek yang kami miliki dan anak orang yang paling jelek yang kami miliki.”

Mereka semua merendahkan martabat Abdullah bin Salam. Abdullah bin Salam berkata, “Inilah yang saya khawatirkan wahai Rasulullah.” (Diriwayatkan Bukhari).

Click to comment
To Top