Doa Ketika Melihat Orang Tertawa – Catatan Pemred
Doa

Doa Ketika Melihat Orang Tertawa

TERTAWA, sedih, gembira, senang, galau, dan berbagai perasaan lainnya, merupakan kreasi Allah swt dalam diri manusia.

Perasaan yang dimasukkan ke dalam jiwa, kemudian menlahirkan berbagai reaksi di wajah dan tubuh. Inilah bagian dari tanda-tanda kebesaran Allah swt.

Kadang kita melihat teman, sahabat, atau karib-kerabat tertawa, dan kita pun ikut senang dengan apa yang dialaminya. Kita dianjurkan untuk mendoakannya. Sebagaimana dilakukan Umar bin Khattab kepada Rasulullah saw, ketika beliau tertawa.

Dikatakan di dalam Sahih Imam Bukhari dan Muslim bahwa, apabila seseorang melihat saudaranya sesama muslim tertawa, bacalah: ”Ashakallu Sinnaka.”

IMG_20160604_190741_edit_edit

Artinya: “Mudah-mudahan Allah melanggengkan kegembiraan dan kesenanganmu.”

Doa ini kita panjatkan sepanjang tertawanya tidak berlebihan. Karena tertawa yang berlebihan itu buruk bagi akhlak dan dapat mengganggu orang lain.

Doa di atas ini dinukil dari perkataan Umar bin Khattab rhadillahuanhu, karena ketika itu ia mengungkapkannya di hadapan Rasulullah saw, beliau pun membenarkannya.

Imam Asy-Syaukani mengatakan, oleh karena itu, membaca doa tersebut ketika ada yang tertawa (Sunnah hukumnya selama masih) dalam batas kewajaran.[1] Dan segala puji hanya kepada Allah swt.

—————-

[1] Tuhfah Adz-Dzakirin Imam Ibnu Al-Jazari dengan syarah Imam Asy-Syaukani, Hal. 602. Pustaka Azzam, 2007.

Click to comment
To Top