Bagaimanakah Islam yang Paling Baik? – Catatan Pemred
Lautan Hikmah

Bagaimanakah Islam yang Paling Baik?

mesjid
sumber foto: downloadwallpaper.org

SEGALA puji hanya kepada Allah. Dari Abi Musa berkata, “Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimanakah Islam yang paling afdhal itu? Nabi menjawab, “Seorang muslim yang menyelamatkan orang muslim lainnya dari bencana akibat perbuatan lidah dan tangannya.” (HR Bukhari, No 11. Hadis kami kutib dari Kitab Fathul Baari).

Menyelamatkan orang muslim lainnya dari lidahnya, yakni tidak mencelanya, memaki, memfinah, dan sejenisnya. Juga dapat menasehati dan mencegah saudaranya dari perbuatan mungkar, hal ini dilakukan apabila memungkinkan.

Adapun menyelamatkan dari perbuatan tangannya, yakni tidak melakukan tindakan sehingga merugikkan dan mencelakai kaum muslim yang lain. Misalkan mengambil hak orang, merampok, mengubah patok-patok tanah, memukul atau membunuh muslim lain tanpa alasan syar’i, dan lainnya. Juga dengan cara mencegah serta menasehati kaum muslimin lain yang hendak melakukan kemaksiatan, hal ini dilakukan apabila memungkinkan.

Hadits ini menyangkut dengan karakter dan sifat-sifat yang seharusnya dimiliki oleh seorang muslim. Sehingga dampak dari keberadaan muslim tersebut dirasakan oleh orang-orang disekitarnya. Karena Islam adalah Rahmatanlil’alamin. Dan segala puja dan puji hanya kepada Allah Ta’ala. Demikian. (*)

Click to comment
To Top