Baca Doa Ini, Anda Pasti Mendapat Syafaat Rasulullah saw di Hari Kiamat – Catatan Pemred
Doa

Baca Doa Ini, Anda Pasti Mendapat Syafaat Rasulullah saw di Hari Kiamat

  • buka puasa
  • buka puasa 1
  • buka puasa 3
  • buka puasa
  • buka puasa 1
  • buka puasa 3

(Foto di atas adalah para pekerja Tambang Batu Bara di Bosnia Herzegovina yang sedang berbuka puasa di kedalaman tanah 740 meter. Terlihat satu di antara mereka bertindak sebagai muadzin)

SEGALA puji hanya kepada Allah swt. Saudarku, banyak doa yang bisa mengantarkan kita pada kebahagiaan abadi. Yang penting kita melakukannya dengan sungguh-sungguh, serta menanggalkan seluruh perbuatan yang mendatangkan dosa.

Allah begitu pemurah, Dia mengutus Nabi-Nya yang penyayang. Di mana beliau saw telah memberitahukan kepada kita, bahwa ada satu doa, yang apabila kita panjatkan, Insya Allah kita pasti akan mendapatkan syafaatnya di Hari Kiamat.

Doa ini sering kita lakukan, dan tidak asing di pendengaran. Adalah doa setelah adzan. Begini sabda yang disampaikan Rasulullah saw tercinta:

“Barangsiapa yang mengatakan ketika mendengar adzan, Allahumma rabba haaddzhi-da’watit-taammah, wash-shalaatil qaa’imah, aati muhammadan al wasiilata wal fadhiilah, wab ‘atshu maqaaman mahmuudan alladzi wa’adtah” (Ya Allah pemilik seruan yang sempurna ini, dan shalat yang akan ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah yang utama, dan berikan untuknya kedudukan terpuji yang Engkau janjikan), Niscaya ia berhak mendapatkan syafaatku di hari kiamat.” (HR Bukhari)[1]

Inilah keutamaan doa setelah adzan. Dalam hadits ini Rasulullah saw sampaikan dengan kalimat kepastian tentang syafaat yang akan diberikan kepada orang yang membaca doa ini setelah adzan. Maka lakukanlah, karena ini kabar gembira.

Banyak jenis syafaat yang dimiliki Rasulullah saw di Hari Kiamat. Salah satunya mencakup hadits ini. Hal ini sebagaimana juga disampaikan oleh Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam  Fathul Baari tentang hadits ini. Bahwa Nabi saw memiliki beberapa macam syafaat yang lain, seperti memasukkan ke dalam surge tanpa dihisab dan sebagainya. Ringkasnya, setiap orang mendapatkan syafaat yang sesuai.

Demikian, dan segala pujian hanya kepada Allah.

[1] Hadits dikutip dari Kitab Fathul Baari, Bab Doa Ketika Adzan, Imam Ibnu Hajar Al-Asqlani, Jilid 4, Hal 206-207.

Click to comment
To Top