Apakah Ada Jin Islam? – Catatan Pemred
Ragam

Apakah Ada Jin Islam?

SEGALA puji hanya kepada Allah. Manusia ada yang kafir, adapula yang beriman. Apakah kondisi yang sama terjadi kepada jin?

Pertanyaan ini telah dijawab Allah swt dalam Al-Quran. Allah swt mengisahkan perkataan-perkataan jin dalam Al-Quran surat Al-Jin.

Bahwa sesungguhnya, jin juga sama dengan manusia. Yakni ada jin Islam, ada juga jin yang kafir. Jin yang kafir adalah bala tentaranya Iblis. Tugas mereka menggoda manusia, sedangkan jin muslim mereka beribadah kepada Allah swt.

Jin juga akan dihisab oleh Allah swt di Yaumil Mahsyar, sebagaimana manusia. Mereka menempuh jalan yang berbeda-beda dalam menuju hari akhirat. Berikut Firman Allah swt yang mengisahkan perkataan jin:

“Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang shalih dan di antara kami ada (pula) yang tidak demikian halnya. Adalah kami menempuh jalan yang berbeda-beda.” (QS. Al-Jin, 72: 11).

Ini adalah perkataan jin yang Allah kisahkan dalam Al-Quran. Ibnu Abbas ra, Mujahid dan yang lainnya mengatakan bahwa maksud menempuh jalan yang berbeda-beda yakni di antara para jin itu ada yang kafir ada pula yang mukmin.[1] Ada yang adil tetapi juga ada yang menyimpang, berbuat zhalim serta menjauh dari kebenaran.

Jin juga beriman kepada Rasulullah saw, dan mereka mengimani Al-Quran. Hal ini sebagaimana disampaikan Allah swt dalam ayat berikutnya yang mengisahkan tentang perkataan jin.

“Dan sesungguhnya kami tatkala mendengar petunjuk (Al-Quran), kami beriman kepadanya. Barangsiapa beriman kepada Rabb-nya, maka ia tidak takut akan pengurangan pahala dan tidak (takut pula) akan penambahan dosa dan kesalahan. Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang taat dan ada (pula) orang-orang yang menyimpang dari kebenaran. Barangsiapa yang taat, maka itu mereka benar-benar telah memilih jalan yang lurus.” (QS. Al-Jin, 72: 13-14).

——————

[1] Lihat Tafsir Ibnu Katsir, Surat Al-Jin.

Click to comment
To Top